Rabu, 16 November 2011

Pentingnya Penerapan Teknologi Informasi di Sekolah

Beberapa tahun terakhir perkembangan informasi sungguh sangat signifikan, dimulai dari munculnya komputer hingga sekarang sudah dirancang adanya teknologi informasi. Yang tadinya hanya semacam media cetak dan televisi sekarang sudah beralih dengan media yang ada di dunia maya. Hal ini menjadi suatu tantangan tentunya bagi pendidikan di dalam negeri karena kemajuan semakin pesat dan teknologi akan terus berkembang.


Untuk memudahkan dan menunjang kemajuan sekolah maka penerapan teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting. Beberapa keuntungan dapat diperoleh bagi pengajar dan para muridnya. Khusus bagi pengajar penggunaan sistem ini bisa menjadi acuan untuk pengajaran.


Guru akan semakin mengupdate informasi baik itu penemuan terbaru, cara pengajaran atau pun seputar pelajaran. Pengajar juga akan ditantang dengan kemajuan seperti ini karena kalau pengajaran yang itu-itu saja tanpa tambahan referensi bisa saja muridnya yang lebih melek informasi dapat lebih pintar dari pada pengajarnya. Sebagai pengajar mau tidak mau harus lebih melek informasi dari pada siswanya. Ini semua akan meningkatkan kualitas guru yang ada di sekolah.


Kedua, ketika hendak melakukan registrasi atau pendaftaran tak harus ribet. Para pendaftar tidak harus antre di sekolah yang dituju karena sudah mempunyai sistem online dengan web tersendiri. Begitu mudah dan efisien tentunya!


Selanjutnya informasi yang ada di sekolah pun bisa diakses langsung melalui web tersebut tanpa harus mendatangi sekolah. Tentunya dengan satu hal keprofesionalan yang mengurus web tersebut.


Manfaat selanjutnya adalah sekolah bisa mempublikasikan tentang absensi murid, guru, dan keuangan kepada publik. Khususnya kepada orangtua siswa sehingga tidak terjadi salah paham baik dari segi keuangan atau pun yang lainnya.


Semuanya bisa lebih transparan. Orangtua pun bisa melihat anaknya dari absen yang dipublikasikan dan secara langsung bisa mengetahui apakah anaknya masuk sekolah atau tidak.


Perpustakaan sekolah pun bisa memakai penerapan teknologi informasi seperti ini. Misalkan saja jika sudah ada data base buku di komputer, kita tinggal mencari buku tersebut tanpa harus melihatnya satu persatu. Ini juga dinilai cukup efisien. Masih banyak hal sebenarnya yang bisa dimanfaat kan dari penerapan teknologi iniformasi di sekolah ini dan salah satunya adalah yang diuraikan di atas.


Semuai ini perlu diimbangi dengan pengajar yang melek teknologi juga. Apa gunanya para tenaga di sekolah disediakan teknologi yang tinggi tetapi tidak bisa menggunakannya menurut istilah sunda "jiga monyet ngagugulung kalapa", tidak ada gunanya. Teknologi tersebut bisa saja menjadi sampah dan yang tadinya sangat berguna menjadi barang yang diabaikan.


Meskipun banyak kelebihan ada juga kekurangan yang diperoleh dari penerapan teknologi ini. Seperti terlalu tergantungnya kepada komputer dan internet yang mengharuskan adanya pasokan listrik.


Selain itu akan timbul masalah lain karena serangan virus yang bisa mengacak-acak data di komputer tersebut. Maka jika sekolah akan melakukan sistem seperti ini harus mempunyai tenaga ahli yang mumpuni dan dapat mengelolanya secara baik.


View the original article here

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar