Rabu, 11 April 2012

Kamus Bahasa Sunda Online

Anda seorang perantau di Kota Bandung, atau sekedar pelancong, yang ingin bisa ber-ah ih euh dengan bahasa Sunda? Atau mungkin Anda sedang “kesengsem” dengan budaya Suku Sunda dan bahasanya karena calon mertua Anda asli orang Jawa Barat?


Apapun alasan Anda membutuhkan referensi berbahasa Sunda, kini tak lagi harus selalu mencari kamus bahasa daerah yang satu ini ke toko buku. Kini Kamus Bahasa Sunda online telah dapat Anda temukan di dunia maya.


Berikut ini sedikit ulasan tentang beberapa situs penyedia kamus bahasa Sunda. Anda ketik saja kata-kata yang akan diterjemahkan lalu tinggal “klik!” maka muncullah hasilnya.


Kamus Sunda dari Bahasa-Nusantara dan Sunda Top


Kedua situs penyedia kamus bahasa Sunda ini menyuguhkan tampilan kamus yang sangat sederhana. Bila dilihat secara sekilas pun tampak kesamaan aplikasi kamus yang digunakan diantara keduanya.


Anda dapat mengunjunginya di: http://www.bahasa-nusantara.com/kamussunda.php. Kamus online ini menyediakan penerjemahan kata dari bahasa Indonesia – Sunda atau dari bahasa Sunda – Indonesia.


Hanya saja, kamus ini belum lengkap menyediakan kosa kata bahasa yang bisa diterjemahkan. Jadi jangan kecewa jika setelah mengetikkan kata yang akan diterjemahkan, Anda kemudian mendapatkan jawaban: “The word could not be found and it will be added to the dictionary. Thanks.”


Kamus Sunda di Wiktionary


Jangan kaget jika Anda masuk ke situs http://su.wiktionary.org/wiki/Tepas akan disambut dengan “Wilujeng sumping di Wikikamus!” Waduh! Wiktionary, yang masih “saudaranya” Wikipedia, kok jadi berbahasa Sunda?.


Memang, Wikipedia telah lama membuat pula Wiktionary, situs kamus online yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Hanya saja untuk kamus bahasa sunda online di situs ini belum sempurna betul. Sejak proyek penggarapannya pada 2004, hingga kini wikikamus hanya mempunyai 237 entri.


Seperti juga Wikipedia yang membolehkan siapa pun mengisi entri di situsnya, Anda pun, jika bisa berbahasa Sunda, tak ada salahnya ikut nimbrung, memasukkan entri-entri baru guna memperkaya kosakata di situs ini.


Kamus Sunda Loka Tarjamah


Situs kamus sunda online ini hanya menyediakan terjemahan dari bahasa Indonesia ke Sunda.


Tetapi ada kelebihan lain dari web sejenis yang lain, yaitu penterjemahan laman web. Anda bisa mencobanya dengan me-klik kotak "PR", "Tempo", "Gatra", "Republika", "MediaIndo", yang merupakan beberapa web media massa online. Web yang pada mulanya berbahasa Indonesia disulap menjadi berbahasa Sunda.


Di kotak besar yang berada di bagian bawah, Anda pun dapat menerjemahkan tidak hanya kata per kata tetapi bisa satu kalimat atau paragraf. Dengan beberapa kelebihan ini rasanya Anda tidak boleh melewatkan situs yang satu ini. Anda dapat menggunakannya di: http://tarjamah.sabilulungan.org/


Sebagai tambahan. Anda mungkin memerlukan program kamus bahasa Sunda yang terintegrasi di handphone, Anda bisa menggunakannya dengan terlebih dahulu mengunduhnya di: http://aspal.jw.lt/Kamus_Sunda_Indonesia2.jar


Memang, kelemahan terbesar dari Kamus Bahasa Sunda Online yang disediakan beberapa situs di atas dirasa belum komplit kosa katanya. Tetapi untuk Anda yang masih awal-awal belajar bahasa Sunda, rasanya keberadaan berbagai situs di atas dapat banyak membantu, apalagi dilihat dari sisi praktis dan kemudahannya.


Wilujeng ah!


View the original article here

1 komentar:

  1. bagemana jika ingin mendengarkan RADIO garda fm..sedangkan saya gak di ponorogo..saya cari2 kok gk ada..tolong infonya..trimaksih.

    BalasHapus