Rabu, 11 Januari 2012

Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau strategi bisnis. Sistem Informasi Manajemen (SIM) pun dapat dikatakan sebagai sebuah sistem yang menyediakan informasi untuk kebutuhan pimpinan tingkat menengah (manajer), baik pada unit-unit kerja maupun pada sub-unit dalam lingkungan organisasi.

Sistem Informasi Manajemen memakai data dari sistem pengolahan transaksi bersama dengan data lainnya yang kemudian diolah menjadi laporan tertentu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) sering juga dikatakan sebagai Management Reporting System (MRS) atau sistem pelaporan manajemen. Hal itu dikarenakan sistem ini menghasilkan berbagai macam laporan untuk kepentingan manajemen, terutama mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan, pengontrolan, dan pengembangan organisasi.

Beroperasi pada tugas-tugas yang terstruktur yang mana prosedur, pengambilan keputusan, arus informasi, format laporan, dan sebagainya, sudah terdefinisi.Bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.Menyediakan laporan untuk keperluan pengambilan keputusan.Mempermudah akses informasi untuk keperluan manajemen.

Pada seebuah organisasi yang mapan, Sistem Informasi Manajemen biasa ditemukan dalam bentuk sistem informasi fungsional, seperti Sistem Informasi Personalia, Sistem Informasi Persediaan, Sistem Informasi Manufaktur, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Pemasaran, dan berbagai sistem informasi lainnya sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap unit kerja dalam lingkungan organisasi.


Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa sistem-sistem fungsional ini jangan sampai menjadi sistem yang terisolasi, berdiri sendiri, dan tanpa ada koneksi dengan sistem lainnya. Hal itu karena sistem-sistem tersebut harus bersinergi dalam penyediaan informasi untuk kebutuhan manajemen organisasi.

Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu manajer untuk mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).


Proses manajemen terdiri atas aktivitas perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Berikut ini penjelasan ketiga aktivitas proses manajemen.


Perencanaan merupakan formulasi untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu. Oleh karena itu, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.


Setelah rencana dibuat, rencana itu harus diimplementasikan. Untuk itu, manajer dan pekerja harus memonitor pelaksanaan rencana untuk memastikan berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan disebut pengendalian.


Proses pemilihan di antara berbagai alternatif disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih.


Sistem infomasi manajeman terdiri atas kumpulan berbagai sistem informasi. Berikut ini kumpulan dari sistem informasi manajemen.

Sistem informasi akuntansi.Sistem informasi pemasaran.Sistem informasi manajemen persediaan.Sistem informasi personalia.Sistem informasi distribusi.Sistem informasi pembelian.Sistem informasi kekayaan.Sistem informasi analisis kredit.Sistem informasi penelitian dan pengembangan.Sistem informasi analisis software.Sistem informasi teknik. Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar