Senin, 16 Januari 2012

Xampp Adalah Perangkat Penggabung Aplikasi

Bagi Anda yang hendak memperdalam pembuatan web secara lebih mendalam, maka sangat perlu mengetahui apa itu Xampp. Xampp adalah perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi ke dalam satu paket, yaitu Apache, MySQL, dan PHPMyAdmin. Dengan Xampp pekerjaan Anda akan sangat dimudahkan, karena dapat menginstalasi dan mengkonfigurasi ketiga aplikasi tadi secara sekaligus dan otomatis.


Xampp telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Versi yang terbaru adalah revisi dari edisi sebelumnya, sehingga lebih baik dan lebih lengkap. Aplikasi utama dalam paket Xampp setidaknya terdiri atas web server Apache, MySQL, PHP, dan phpMyAdmin.


Apa Itu Apache, MySQL, PHP, dan phpMyAdmin?


Apache adalah web server open source, jadi semua orang dipersilakan memakainya dengan gratis, bahkan bisa mengedit kode programnya. Fungsi utama Apache menghasilkan halaman web yang benar sesuai dengan yang telah dibuat oleh seorang web programmer, dengan menggunakan kode PHP.


Sedangkan PHP adalah bahasa pemrograman untuk membuat web. Dengan PHP kita dapat membuat halaman web yang dinamis. Selain mendukung Windows, PHP yang juga open source ini, juga dapat digunakan di Mac OS, Linux, dan sistem operasi lainnya.


MySQL adalah sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP. Namun demikian, Microsoft Acces, Database Oracle, d-Base, dan sistem manajemen database lainnya juga didukung oleh PHP.


Structured Query Language, atau SQL, adalah bahasa terstruktur yang digunakan secara khusus untuk mengolah database. Dan MySQL merupakan sebuah sistem manajemen database.


Dengan aplikasi yang juga open source ini, kita dapat membuat dan mengolah data base beserta isinya, menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database. MySQL  menjadi pasangan yang serasi bagi PHP.


Diperlukan aplikasi yang dapat mengelola data base dalam MySQL, dan phpMyAdmin adalah salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan. Dengan phpMyAdmin Anda dapat membuat tabel, mengisi data, dan pekerjaan lainnya dengan lebih mudah, tanpa harus hafal perintahnya.


Pengaktifkan phpMyAdmin dapat Anda lakukan dengan mengaktifkan web server Apache dan MySQL dari panel kontrol Xampp. Kemudian, buka web browser Anda dan ketikkan alamat ini: http://localhost/phpmyadmin/, lalu enter.


Jika yang muncul adalah tampilan atau interface phpMyAdmin, maka Anda sudah dapat memulainya dengan membuat nama database, nama tabel, dan seterusnya.


Mengunduh Xampp


Karena open source, Anda dapat menggunakan dan mengedit Xampp secara gratis dan bebas. Anda dapat mengunduh versi yang paling baru di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html. Sesuaikan Xampp dengan sistem operasi komputer Anda.


Jika telah selesai mengunduh, buka file installer xampp, pilih bahasa, lalu klik Next untuk memulai penginstalan.


Memulai Xampp


Jika proses instalasi selesai, maka akan muncul pertanyaan apakah akan menjalankan Xampp sebagai service? Jawab Yes jika kita akan menjalankan Apache, MySQL, atau FileZilla FTP Server secara otomatis di komputer.


Jika dijawab No, berarti Xampp harus dijalankan secara manual melalui Xampp control panel yang ada di desktop.


Bila Anda membuka Xampp Control Panel yang ada di desktop tadi, maka akan muncul pertanyaan Start Xampp Control Panel? Jawab saja yes. Lalu, klik tombol Start pada Apache dan MySQL untuk menjalankan kedua aplikasi tersebut. 



Untuk test apakah instalasi yang kita jalankan sudah berhasil, bukalah web browser, lalu ketik alamat http://localhost/. Jika yang kemudian muncul adalah halaman Xampp for windows, maka Anda telah sukses menginstall Xampp.


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar