Selasa, 27 Maret 2012

Teknologi Informasi Komputer

Pengenalan teknologi informasi komputer dan teknologi informasi komunikasi perlu dilakukan sejak dini. Seorang anak yang hidup pada zaman serba teknologi harus bisa menyesuaikan diri. Sebagai orang tua hendaklah mengarahkan anak kepada hal-hal yang berkenaan dengan teknologi.


Tengoklah hal sederhana yang perlu dilakukan pada mainan seorang anak kecil. Mainan yang sudah mengangkat teknologi di dalamnya. Biar mainan itu sederhana dan terlihat kuno, namun teknologi mainan itu sendiri yang perlu dikenalkan kepada anak.


Sekolah Teknologi


Sebentuk pendidikan yang mengajarkan seorang anak paham akan adanya perkembangan teknologi yang tak berhenti perlu dilakukan di sekolah. Sebuah teknologi perlu dan patut dipelajari seorang anak didik. Aplikasi penggunaan teknologi ini alangkah indah dan baiknya jika ada di dalam sekolah.


Terbiasanya anak didik dalam melihat teknologi informasi di sekolah akan membawa anak didik dekat dengan teknologi. Kedekatan inilah yang akan membuat akrab seorang anak dengan teknologi. Untuk itu butuh sekali peran orang tua dalam mengarahkan dan memilih sekolah yang lengkap dengan teknologi informasi komunikasi.


Memang terlihat remeh di mata orang dewasa dan orang tua jika menaruh komputer di ruang kelas atau menggunakan internet melalui blogspot sebagai media dalam penyampaian nilai ulangan dan absen. Namun, tidak di mata seorang anak. Akan ada sebuah cerita yang dahsyat dari anak yang sudah terbiasa dengan teknologi.


Dimulai dari Komputer Sederhana


Sebuah alat sederhana pada zaman sekarang ini, komputer, bisa dimiliki siapa pun. Bukan lagi barang mewah yang hanya dimiliki orang kaya dan berpangkat. Bahkan anak orang menengah ke bawah sudah memiliki komputer sendiri di rumah. Walau tak mengikuti perkembangan teknologi, namun sudah sepatutnya komputer bisa disebut sebagai barang kebutuhan utama.


Dengan mengetahui sejarah komputer, seorang anak akan bisa belajar banyak dari komputer. Hal ini akan membawa anak pada sebuah penghargaan atas teknologi dan pembelajaran untuk mengenali lebih jauh perangkat-perangkat komputer.


Dengan adanya komputer dengan susunan yang sederhana, seorang anak bisa mulai berlatih merakit dan membenahi kerusakan yang berhubungan dengan hardware. Lalu hal tersebut bisa membawa seorang anak untuk bisa menginstal sendiri program yang diinginkan, sampai seorang anak bisa menginstal sebuah sistem operasi. Pada akhirnya, seorang anak akan siap belajar lagi jika disuguhi komputer dengan teknologi yang lebih canggih lagi sesuai zaman sekarang.


Internet Mudah


Saat ini, internet begitu mudah dipakai di mana pun. Tak peduli tempat atau waktu, semua orang bisa mengakses internet. Dengan kemudahan itu, tak mustahil jika dalam internet disediakan berbagai informasi dan keilmuan. Kini, tak sulit lagi mengetahui kebudayaan asing atau berita yang terjadi. Kemudahan ini bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran.


Informasi Bahan Rebutan


Murahnya harga informasi dan mudahnya mendapat informasi, membuat teknologi yang sedang berkembang cepat tersebar. Penemuan baru rupanya langsung bisa dilihat, diikuti, dan bahkan bisa memiliki teknologi terbaru tersebut. Apalagi dalam pembelajaran, informasi kekinian ini akan menjadi rebutan. Seorang guru teknologi informasi yang tak mengikuti perkembangan akan sangat ketinggalan dengan anak didik yang selalu mengikuti perkembangan teknologi.


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar