Kamis, 22 Maret 2012

Yuk, Belajar WordPress!

Yuk, kita belajar Wordpress disini! Mulainya bermunculan penulis-penulis baru memberikan efek samping pada tingkat selektifikas naskah yang masuk ke penerbit. Artinya, untuk menerbitkan naskah ke media cetak menjadi semakin bersaing, sulit, dan hanya naskah/tulisan yang berkualitaslah yang layak diterbitkan. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati bila ingin latihan menulis yakni dengan menggunakan media blog gratis, seperti wordpress. 


Kelebihan dan Kelemahan Wordpress


Wordpress mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan blog lainnya, yaitu:

Memungkinkannya pengunjung untuk memberikan komentar pada postingan Anda. Pengunjung akan mudah memberikan komentar karena kotak komentar langsung ada di bawah posting tulisan Anda. Bagi Anda yang suka mendapatkan komentar, wordpress tentu sangat cocok untuk Anda.  Posting tulisan terbaru akan muncul beberapa saat di menu utama seluruh pengguna wordpress. Apabila posting Anda sangat menarik, maka Anda akan berkesempatan masuk “best of the day”, yakni 10 posting terbaik hari itu dan akan muncul selama sehari di menu utama seluruh pemakai wordpress.

Wordpress juga mempunyai kelemahan dibandingkan dengan blog lain, misalnya blogspot. Salah satunya, Javascript tidak berfungsi, artinya Anda tidak bisa memasang iklan.Tentu hal ini akan bermasalah bisa Anda ingin pasang iklan pada blog ini, seperti iklan AdSense, Adbrite, dan lain sebagainya.



Memiliki Akun di Wordpress


Bila Anda ingin memiliki akun wordpress, caranya cukup gampang. Sudah banyak tutorial yang membahas tentang bagaimana bekerja dengan wordpress. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan:

Buka www.wordpress.com  Klik Sign Up Isi formUsername:  mengisi nama blog sesuai dengan keinginan. Misalnya http://abcd.wordpress.comPassword: Isi dengan password yang benar-benar rahasia dan hanya Anda ketahui.Confirm: Ulangi password yang sama dengan di atas.Email Address: Isi email yang Anda punya atau bila Anda belum memiliki email silahkan buat email terlebih dahulu.Klik “Next”Blog Title.  Isi judul yang sesuai. misalnya "Ketika Guru Menulis"
Language. Anda diberikan pilihan untuk memilih bahasa yang dikehendaki.

Setelah mengisi semua form yang disediakan oleh wordpress, maka langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah meng-Klik Sign Up pada bagian bawah form sehingga akan muncul pesan “Your account is now active! “. Hal ini berarti Anda sudah berhasil memiliki blog atau membuat blog. Saatnya untuk login ke blog Anda.

Untuk login, buka: http://abcd.wordpress.com/login.phpIsi username (nama blog Anda/abcd) dan password.Klik “Write” untuk mulai membuat posting baru.Klik “Publish” untuk menampilkanJika sudah selesai klik “Log Out” untuk keluar dari dashboard wordpress.

Nah, tidak sulit bukan belajar wordpress? Saatnya menuangkan ide Anda pada blog kesayangan Anda.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar