Rabu, 14 Desember 2011

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

bertanya-tanya kapan tepatnya manusia mulai bertukar informasi? Pertukaran informasi dimulai umat manusia sejak 3000 SM. Dari sinilah awal sejarah perkembangan teknologi informasi dimulai. Tanpa langkah awal mereka, kita tidak akan memiliki teknologi canggih seperti komputer atau telepon selular seperti saat ini.


Ada empat tahapan periode dalam perkembangan komunikasi dan informasi, yaitu pra-mekanik, mekanik, elektromekanik, dan elektronik.


Periode Pra Mekanik


Pada periode pra-mekanik, bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (sekarang Lebanon) menciptakan komunikasi dalam bentuk simbol. Saat itu adalah tahun 2000 SM. Sebelum itu, manusia menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan di antara mereka.


Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol Fenisia dengan menambahkan huruf vokal. Hal ini membuat simbol tersebut lebih mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya, lalu menciptakan alfabet yang kita gunakan hingga saat ini.


Pada 600 SM, pembuatan buku dimulai yang dibuat dari papirus yang dilekatkan. Pemuka agama dan pimpinan biasanya menyimpan koleksi buku. Selanjutnya, Bangsa Mesir Kuno menciptakan sistem angka. Mereka juga merupakan penemu alat bantu hitung abakus.


Periode Mekanik


Pada masa ini, manusia mulai mengembangkan peralatan untuk menyimpan dan merekam informasi. Johann Gutenburg dari Jerman menemukan mesin cetak. Hal ini mempermudah penyampaian informasi saat itu. Tahun 1600, komputer analog pertama diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer itu disebut Pascaline dan merupakan titik awal mesin menggantikan fungsi otak manusia untuk menghitung data.


Periode Elektromekanik


Masa keemasan periode ini ditandai dengan penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan-penemuan mesin komputer sesudah Pascaline. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse sebagai alat komunikasi jarak jauh.


Komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data diperkenalkan pada 1948. Nama komputer tersebut adalah Dubbed he Manchester Mark I. Komputer tersebut merupakan awal penemuan teknologi selanjutnya yang mengembangkan versi laptop dan desktop saat ini.


Periode Elektronik


Pada 1957, Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Alat ini mampu mengintregasikan sirkuit yang diciptakan pada tahun selanjutnya. Kemudian, pada 1960 Depatemen Pertahanan Amerika Serikat menciptakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency NETwork) yang merupakan cikal bakal perkembangan internet. Pada saat itu ARPANET hanya diizinkan untuk pemerintah, penelitian, dan universitas.


J.C.R. Licklider, peneliti dari MIT menyebarkan ARPANET ke jaringan komputer seluruh dunia untuk interaksi sosial pada 1962. Selanjutnya, pada 1968, Andrew Grove, Gordon Moore, dan Robert Noyce berhasil menciptakan mikroprosesor chip untuk pertama kalinya. Mereka menjual chip tersebut ke Intel untuk diproduksi.


Setelah itu, perkembangan teknologi informasi berlangsung sangat cepat, antara lain dengan ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer Apple, dan masih banyak lagi penemuan lainnya.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar