Sabtu, 10 Desember 2011

Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Kurikulum Baru

Pembicaraan atu pembahasan mengenai teknologi informasi tentu akan selalu terkait dengan yang namanya komputer. Ya, komputer sebagai salah satu media dalam teknologi informasi sudah bukan menjadi barang mewah apalagi asing. Komputer telah banyak digunakan dalam erbagai bidang, termasuk dalam duni pendidikan.

Ya, keberadaan komputer di sekolah telah banyak dimanfaatkan sebagai salah satu alat penunjang yang paling penting dalam urusan administrasi sekolah. Keberadaan komputer sangat membantu proses pengelolaan segala hal yang berkaitan dengan administrasi sekolah. Mereka menggunakan berbagai software komputer seperti microsof word, exel, dan lainnya untuk mempermudah pemyelesaian pekerjaan.


Seiring dengan masuknya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu kurikulum pembelajaran baru, maka peranan komputer menjadi sangat penting bahkan akan menjadi yang utama sebagai salah satu media pembelajaran. Bagaimana tidak, misi yang diusung oleh pelajaran TIK ini memiliki kedekatan yang sangat erat dengan alat yang bernama komputer. 

Siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktivitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya.Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif.Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan.Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan di mana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan di masa yang akan datang.

Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai sebuah kurikulum baru setidaknya memiliki dua aspek penting yang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kedua aspek itu, yakni sebagai berikut.

Teknologi Informasi, merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses penggunaan sebagai alat bantu dan pengolahan informasiTeknologi Komunikasi, merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pemanfaatan alat bantu untuk memproses atau mentransfer data atau informasi dari perangkat satu ke perangkat lainnya.  

Dalam dunia pembelajaran TIK setidaknya memiliki beberapa fungsi yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana informasi. Beberapa pemanfaatan TIK dalam dunia pembelajaran, di antaranya sebagai berikut.


1. Presentasi


Presentasi merupakan sebuah penyampaian informasi yang biasa dilakukan dengan menggunakan OHP, Infokus, atau Chart. Dengan memanfaatkan TIK dalam Presentasi, apapun yang akan kita sampakan akan terlihat semakin sempurna, karena kita bisa menambahkan beragam animasi menarik yang tidak akan membuat siswa atau penyimak lainya merasa bosan dengan presentasi yang kita bawakan.


2. Demonstrasi


Demo yang dimaksud di sini tentu saja bukan demo turun ke jalan yang sering dilakukan mahasiswa, namun lebih kepada melakukan demo di depan kelas atau di hadapan audience yang bertujuan untuk menampilkan hal-hal penting, seperti eksperimen dan sebagainya.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar