Kamis, 01 Desember 2011

Teknologi Informasi Adalah Pemprosesan, Pengolahan, dan Penyebaran Data

 Sementara itu, teknologi informasi adalah pemprosesan, pengolahan, dan penyebaran data yang didapat dari mengkombinasikan alat pengakat komputer dengan telekomunikasi. Oleh karena itu, teknologi informasi lebih merupakan pengerjaan terhadap data.


Informasi berkaitan erat dengan komunikasi sehingga teknologi informasi juga berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi. Pada dasarnya, teknologi informasi dan komunikasi memiliki definisi yang sama. Teknologi komunikasi berarti semua bentuk teknologi informasi yang mendukung semua proses komunikasi.

 Teknologi informasi dan teknologi komunikasi dipelajari dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau diluar dikenal dengan ICT (Information and Communication Technologies). Istilah ini muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Awal Kemunculan

Teknologi informasi dan komunikasi pertama kali muncul sekitar 1910-1920 berupa transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Lalu, komunikasi suara tanpa kabel ini berkembang dan diikuti pula oleh transmisi audio visual tanpa kabel melalui siaran televisi pada 1940-an.

Seiring perkembangan teknologi, kemudian muncul komputer elektronik dengan mikroprocessor yang menjadi ”otak” perangkat keras komputer. Teknologi digital yang merupakan hasil konvergensi perangkat telekomunikasi dengan perangkat komputer mulai dikembangan, berupa telepon seluler.

Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kebutuhan manusia akan informasi. Melalui perangkat teknologi, seperti radio, televisi, komputer dengan jaringan internet, dan telepon seluler, arus informasi berkembang pesat. Kita tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan informasi.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi benar-benar telah diakui dan dirasakan manfaatnya. Berbagai kemajuan teknologi informasi memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Kemajuan teknologi menjadi jawaban dari kemajuan globalisasi yang kian menyelimuti dunia.

Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu kemajuan yang tentunya akan memberikan dampak bagi peradaban hidup manusia. Tidak dapat dipungkiri, kini manusia seolah telah "diperbudak" oleh peradaban teknologi informasi.

Bagaimana tidak, banyaknya masyarakat yang haus akan informasi sekaligus berperan sebagai pengguna teknologi informasi dan komunikasi, membuktikan bahwa kehidupan yang mereka jalani tidak pernah lepas dari peran teknologi informasi.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar